Npm: 16112756
Kelas: 3KA33
Tugas membuat garis vertical,diagonal dan horizontal
dengan menggunakan openGL. Ulasan sedikit tentang pengertian OpenGL(Open Graphics Library)adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang
digunakan untuk keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource,
multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung
OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux,
freeBSD,Dev C++.OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu
Application Programming Interface (API).
Langkah awal membuat program OpenGl.Pertama yang
harus yang kita lakukan pastikan leptop anda sudah terinstal aplikasi ini kalau
belum lakukan dengan cara menginstal Dev C++ dan gluth.h yaitu header
yang digunakan untuk openGL.Karena software inilah yang akan digunakan untuk
bekerja dengan openGL.
cara membuat project baru :
1. Klik menu File > Pilih New > Project .
1. Klik menu File > Pilih New > Project .
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri
nama Project.
Setelah
membuat project,lanjut kita untuk membuat program yang ditugaskan pada mata
kuliah grafik komputer dan pengolahan citra ini yaitu membuat garis
Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
Jangan
lupa pada saat menuliskan koding dibawah
/*
OpenGL animation code goes here */
1.MEMBUAT GARIS VERTIKAL
ULASAN
KODINGAN DIATAS :
/*
OpenGL animation code goes here */
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix
(); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk
menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1);
// untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);
//untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk
menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk
menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd
();//untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix
();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Kemudian
jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan
dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program
langsung berjalan dan menghasilkan output :
2. MEMBUAT
GARIS HORIZONTAL
Untuk
membuat garis Horizontal langkah-langkahnya sama seperti membuat
garis vertikal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut adalah koding garis
horizontal :
ULASAN KODINGAN DIATAS :
/* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan
layar latar belakang
glPushMatrix ();Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna
garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari
titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik
awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir
yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri gambar garis
dititik akhir .
glPopMatrix ();// Membuat baris kode menjadi tidak
berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian
belakang buffer menjadi buffer layar.
Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan
menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk
itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9.
jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan
output :
3.MEMBUAT GARIS DIAGONAL
Untuk
membuat garis Diagonal langkah-langkahnya sama
seperti membuat garis vertikal dan horizontal hanya berbeda pada kodingnya.
Berikut adalah koding garis diagonal :
ULASAN
KODINGAN DIATAS :
/*
OpenGL animation code goes here */
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix
();// Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk
menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1);
//untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk
menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk
menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd
();//yaitu untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix
();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers
(hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.
Kemudian
jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di
compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu
jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan
program langsung berjalan dan menghasilkan output :
Link
programnya
https://www.dropbox.com/s/8jqnx8y8jhhviud/Vertikal%2CHorizontal%26Diagonal.rar?dl=0
Tidak ada komentar:
Posting Komentar