Minggu, 02 November 2014

MEMBUAT GARIS VERTIKAL, HORIZONTAL DAN DIAGONAL.

Nama: Ryan Reynaldi
Npm: 16112756
Kelas: 3KA33

Tugas membuat garis vertical,diagonal dan horizontal dengan menggunakan openGL. Ulasan sedikit tentang pengertian OpenGL(Open Graphics Library)adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD,Dev C++.OpenGL bukanlah bahasa pemrograman tetapi merupakan suatu Application Programming Interface (API). 
Langkah awal membuat program OpenGl.Pertama yang harus yang kita lakukan pastikan leptop anda sudah terinstal aplikasi ini kalau belum lakukan dengan cara menginstal  Dev C++ dan gluth.h yaitu header yang digunakan untuk openGL.Karena software inilah yang akan digunakan untuk bekerja dengan openGL.
cara membuat project baru :
1. Klik menu File > Pilih New > Project .



2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia > lalu klik OpenGL dan beri nama Project.


Setelah membuat project,lanjut kita untuk membuat program yang ditugaskan pada mata kuliah grafik komputer dan pengolahan citra ini yaitu  membuat garis Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
Jangan lupa pada saat menuliskan koding dibawah
 /* OpenGL animation code goes here */

1.MEMBUAT GARIS VERTIKAL


ULASAN KODINGAN DIATAS :
  /* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix (); //Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES); //untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :






2. MEMBUAT GARIS HORIZONTAL





ULASAN KODINGAN DIATAS :
  /* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix ();Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); // untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();// Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :





3.MEMBUAT GARIS DIAGONAL

Untuk membuat garis Diagonal langkah-langkahnya sama seperti membuat garis vertikal dan horizontal hanya berbeda pada kodingnya. Berikut adalah koding garis diagonal :





ULASAN KODINGAN DIATAS :
  /* OpenGL animation code goes here */
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);//untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalam mode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);//untuk membersihkan layar latar belakang
glPushMatrix ();// Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
glClearColor(1,1,1,0);//untuk menentukan warna garis/titik.
glColor3f(1,1,1); //untuk menentukan warna garis/titik.
glBegin(GL_LINES);//untuk menggambar garis dari titik yang digunakan .
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);//untuk menentukan titik awal yang digunakan.
glVertex3f(0,0,0.0);//untuk menentukan titik akhir yang digunakan.
glEnd ();//yaitu untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir .
glPopMatrix ();//Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar.
SwapBuffers (hDC);//digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar.


Kemudian jalankan project dengan mengcompile dengan menekan tombol F9,file yang akan di compile akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :





           
Link programnya
https://www.dropbox.com/s/8jqnx8y8jhhviud/Vertikal%2CHorizontal%26Diagonal.rar?dl=0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar